fbpx

Ini Dia 5 Ikan Favorit Indonesia


Hai Mom, minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan mengalami peningkatan loh. Konsumsi ikan secara nasional mengalami kenaikan sangat banyak hingga mencapai 1,2 juta ton. Capaian tersebut, menunjukkan kalau kampanye makan ikan di seluruh Nusantara mulai memperlihatkan hasil.

Nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Kandungan asam lemak omega 3, kalsium, vitamin D, dan fosfor banyak terkandung pada ikan. Tak hanya itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis-jenis ikan yang sangat digemari oleh masyarakat. Ikan-ikan air tawar pun banyak yang menjadi primadona dalam konsumsi sehari-hari. Apa saja sih ikan-ikan yang sangat digemari itu? Yuk Mom, simak artikel dari kami berikut.

  1. Ikan Gurame

Ikan gurame berasal dari perairan Sunda. Ciri ikan ini adalah bentuk ikannya yang pipih dan lebar. Meski berasal dari perairan Sunda, kini ikan gurame banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia karena ikan ini lebih mudah ditemukan di perairan beriklim tropis. Dikenal dengan rasa dagingnya yang gurih, maka tak heran banyak yang suka dengan olahan ikan gurame ini. Banyak olahan ikan gurame yang cukup terkenal seperti Ikan Gurame Bumbu Asam Manis Pedas, Ikan Gurame Bumbu Rica-Rica, Gurame Goreng Saos Mentega, dan lain-lain.

2. Ikan Lele

Dikenal dengan tubuh licin dan panjang yang semakin mengecil kearah ekor, lele memiliki ciri khas tersendiri yakni kumis yang panjang. Meski ukuran nya termasuk kecil, lele disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan daging nya yang lembut. Selain digoreng dan disajikan bersama sambel menjadi pecel lele, ikan ini juga dapat dimasak menjadi mangut lele atau dibakar dengan bumbu kecap.

3. Ikan Mas

Bentuk nya tegak pipih, bersisik normal, dan sirip memanjang. Tekstur ikan mas yang lembut membuat ikan air tawar yang satu ini cocok diolah menjadi pepes ikan mas atau gulai kepala ikan mas. Tapi tetap harus hati-hati ya Mom ketika mengkonsumsi ikan ini. Meski pun gurih dan lezat, namun harus teliti dalam memisahkan duri-durinya yang sangat halus, dan berjumlah banyak hingga kedalam lapisan daging nya.

4. Ikan Patin

Patin merupakan sekelompok ikan berkumis dan masih satu keluarga dengan ikan lele. Tekstur luar badan nya juga hampir mirip yakni basah dan berlendir, daging nya juga lembut seperti lele. Ikan patin biasanya diolah menjadi sup ikan yang lezat dan sangat bermanfaat bagi anak-anak balita atau jika anda ingin sensasi yang lebih, dapat mengolah nya menjadi gulai ikan patin.

5. Ikan Tilapia

Ikan Nila/Tilapia memiliki tubuh berukuran sedang dengan panjang maksimal 30 cm, dan berwarna hitam keabuan. Ikan ini paling mudah dibudidayakan sebab pertumbuhannya sangat cepat. Fakta unik dari ikan nila setelah kawin adalah ia (induk betina) memiliki kebiasaan mengulum telur-telur yang telah dibuahi di dalam rongga mulutnya. Perilaku ini disebut mouth breeder (pengeram telur dalam mulut).

Ingin menikmati masakan Ikan Tilapia yang berbeda? Coba ditumis tauco saja, dengan ditambahkan irisan cabai yang banyak, dijamin pedas asam manis Ikan Tilapia akan memberikan sensasi berbeda di lidah Anda.

Nah Mom, bagaimana? Masih ragu untuk mengonsumsi ikan? Sudah tahu kan kalau banyak sekali manfaat dari mengonsumsi ikan. Untuk Mom yang ingin mendapatkan daging Ikan Tilapia kualitas terbaik, Mom bisa mendapatkannya di Regal Springs. Dan enggak perlu khawatir, kualitas daging fillet Ikan Tilapia Regal Springs sudah dijamin kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *