fbpx

SEJARAH KAMI SELAMA 30 TAHUN Membudidayakan Ikan Tilapia sejak 1988

PT Aquafarm Nusantara adalah cikal bakal dari Regal Springs Group yang terkenal di dunia dan didirikan pada tahun 1988 di Wunut, Jawa Tengah.

Tiga puluh tahun kemudian, apakah Anda mengetahui hal-hal berikut ini tentang PT Aquafarm Nusantara?

  • Kami memiliki bisnis budidaya ikan secara bertanggung jawab terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu perusahaan pangan terbesar yang memperkerjakan lebih dari 4.200 karyawan serta mendukung ribuan lainnya dalam rantai pasokan kami.
  • Kami merupakan perusahaan terbesar kedua di Sumatera Utara dan perusahaan terbesar di wilayah Danau Toba.

Dan hari ini kami bangga bahwa keluarga Regal Springs Group adalah:

  • Produsen Tilapia terpadu vertikal terbesar di dunia
  • Produsen ikan filet putih terbesar di dunia
  • Perusahaan dengan tenaga kerja paling banyak di setiap negara tempat kami beroperasi
  • Perusahaan dengan tenaga kerja paling banyak di setiap lokasi pabrik pemrosesan kami
  • Produsen Tilapia pertama di dunia yang memiliki sertifikasi untuk ASC (Aquaculture Stewardship Council) dan standar sertifikasi BAP (Global Aquaculture Alliance Best Aquaculture Practice) untuk budi daya Tilapia yang bertanggung jawab.
  • Satu-satunya perusahaan pangan di dunia yang memproduksi Regal Springs Tilapia Alami yang Lebih Baik (Naturally Better Tilapia)
  • KAMI PEDULI adalah program Tilapia berkelanjutan terpadu dan menyeluruh pertama di dunia.

Bagaimana PT Aquafarm Nusantara didirikan pada tahun 1988 di Wunut, Jawa Tengah, Indonesia

 

Pada tahun 1988, pendiri kami bereksperimen dengan beberapa spesies berbeda untuk mengembangkan budi daya ikan demi membantu mengurangi kemiskinan dan kekurangan lapangan pekerjaan yang dihadapi masyarakat sekitar. Pada periode awal akuakultur, bisnis ini mulai memperlihatkan potensi dan kemungkinan budi daya Tilapia secara alami. Saat ini, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB telah menetapkan Tilapia sebagai sumber protein utama bagi ketahanan pangan karena nilai sosial ekonominya.

Apakah Anda tahu asal usul nama Regal Springs?

Kami selalu senang dapat menjelaskan tentang asal usul nama Regal Springs Group kepada para kolega internasional dan para pelanggan kami!

Dalam situs global kami, dijelaskan bahwa:

“Di Indonesia, level pemerintahan tingkat distrik disebut kabupaten. Penggunaan istilah ‘kabupaten’ atau dalam bahasa inggrisnya ‘regency’ menjadi inspirasi kami untuk menyebut bisnis ini ‘Regal’. Sementara kata ‘Springs’ yang berarti mata air diambil dari lokasi pembenihan Wunut yang dilalui oleh sumber mata air alami.

Seperti yang Anda ketahui, ‘Umbul’ dalam Bahasa Indonesia berarti ‘Mata Air’ dan di semua situs Regal Springs berbahasa Inggris di seluruh dunia, kami bangga untuk menampilkan warisan yang kami miliki dari Indonesia dan menceritakan kisah Regal Springs.

Pada tahun 1988, pendiri kami bereksperimen dengan beberapa spesies berbeda untuk mengembangkan budi daya ikan demi membantu mengurangi kemiskinan dan kekurangan lapangan pekerjaan yang dihadapi masyarakat sekitar. Pada periode awal akuakultur, bisnis ini mulai memperlihatkan potensi dan kemungkinan budi daya Tilapia secara alami. Saat ini, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB telah menetapkan Tilapia sebagai sumber protein utama bagi ketahanan pangan karena nilai sosial ekonominya.

Lihat Perjalanan Kami Selama 30 Tahun

Pada tahun 1991, bisnis ini berkembang menjadi budi daya keramba jaring apung dan pada tahun 1992, pembenihan Wunut dibangun. Inilah awal mula budidaya PT Aquafarm Nusantara dan Regal Springs yang dapat sepenuhnya dilacak dan ditelusuri, mulai dari peneluran hingga pemanenan ikan. Kami selalu tahu dari mana ikan kami berasal

Sejalan dengan kesuksesan yang diraih, PT Aquafarm Nusantara mulai mengekspor produknya ke Amerika Serikat, di mana Regal Springs membuka kantor penjualan pertamanya pada tahun 1994 di Florida, Amerika Serikat.

Ekspansi bisnis selanjutnya dilakukan di Indonesia dengan lokasi pembenihan baru dan diperkenalkannya budi daya ikan menggunakan jaring melingkar di danau, suatu cara yang lebih baik dari sebelumnya.

Pada tahun 1998, Aquafinca St. Peter Fish di Honduras, bergabung dengan PT Aquafarm Nusantara untuk menjadi bagian dari keluarga Regal Springs Group, dan pada tahun 2008, kami memulai bisnis pembudidayaan dan pemrosesan Acuagranjas Dos Lagos Mexico kami di negara bagian selatan Meksiko di wilayah Chiapas, sebuah daerah minim kesempatan kerja namun memiliki banyak danau alami yang memenuhi kriteria kualitas air untuk budi daya ikan kami.

Pada tahun 2016-2018, operasional Regal Springs Group berada di bawah kepemilikan baru di tingkat global dan lokal dengan penunjukan CEO grup baru, Achim Eichenlaun dan Sammy Hamzah sebagai Komisaris Utama PT Aquafarm Nusantara.

PT Aquafarm Nusantara dan Regal Springs Group adalah bagian dari Golden Springs Group, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis ilmu biologis. Golden Springs Group berkomitmen untuk mendukung Regal Springs Group dengan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki oleh divisi ilmu biologis dan mendorong pertumbuhan Regal Springs secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Regal Springs Group Honduras, Indonesia dan Meksiko menjual produk Tilapia Alami yang Lebih Baik (Naturally Better Tilapia) di pasar lokal dan global.

Saat ini, Regal Springs Group menyediakan lebih dari 27.000 lapangan kerja untuk posisi utama dan sekunder di seluruh dunia.

PT Aquafarm Nusantara adalah salah satu bisnis pangan terbesar di Indonesia yang memperkerjakan lebih dari 4.200 karyawan. Selain itu, bersama dengan para pemasok, PT Aquafarm Nusantara membantu ribuan orang di Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan.

PT Aquafarm Nusantara adalah perusahaan pangan terbesar kedua di Sumatera Utara dan perusahaan terbesar di wilayah Danau Toba.
Pada tahun 2018, Regal Springs Group mengintegrasikan tempat-tempat bisnis kami di seluruh dunia untuk dapat lebih berbagi pengetahuan dalam bidang limnologi dan akuakultur serta pengolahan pangan.

Kami mulai mengimplementasikan program berkelanjutan terpadu KAMI PEDULI 2018-2023 secara internal di seluruh bisnis kami pada tahun 2018 dan meluncurkan program ini kepada masyarakat umum pada tahun 2019.