fbpx

Tips Mencegah Stunting Pada Anak Sedini Mungkin


Hai Bunda, di bulan ini (29 Juni 2021) akan ada Hari Keluarga Nasional Ke-28 yang diinisiai oleh BKKBN dengan tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” dan Hashtag #KELUARGAINDONESIACEGAHSTUNTING. Namun, apa sih stunting? Dan bagaimana cara mencegahnya?

Belakangan stunting sedang hangat diperbincangkan banyak orang, khususnya para ibu. Stunting sendiri merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang dapat terjadi pada anak. Kondisi ini menyebabkan anak memiliki tubuh lebih pendek dibandingkan anak lain seusianya. Tapi stunting ternyata bisa dicegah sejak dini, bahkan sejak masa kehamilan.

Stunting dapat disebabkan oleh faktor genetik, sanitasi yang kurang baik, serta kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan.  Memenuhi kebutuhan nutrisi sejak hamil hingga anak berusia dua tahun (periode 1000 hari pertama kehidupan) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting, tentunya sambil terus memantau pertumbuhannya.

Nah Bunda, berikut ini tips untuk mencegah stunting pada anak yang bisa dilakukan bahkan sejak masa kehamilan. Yuk disimak.

Penuhi kebutuhan gizi saat di masa kehamilan

Tindakan yang relatif ampuh dilakukan untuk mencegah stunting pada anak adalah selalu memenuhi gizi sejak masa kehamilan. Bunda bisa mendapatkan gizi dan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi buah, sayuran, dan sumber protein tinggi seperti Naturally Better Tilapia Regal Springs.

Hindari paparan asap rokok

Agar janin yang dikandung dapat tumbuh dengan sehat, Bunda yang sedang hamil harus menghindari paparan asap rokok. Paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau memiliki berat badan kurang. Jika ada anggota keluarga yang merokok di rumah, sebaiknya Bunda memintanya untuk tidak merokok di dalam rumah. Namun, jika Bunda sedang berada di luar rumah, paparan asap rokok dapat dicegah dengan mengenakan masker.

Berikan ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan, lalu dampingi dengan MPASI yang bergizi

Ketika sudah melahirkan, Bunda disarankan untuk memberikan ASI Eksklusif selama enam bulan kepada sang buah hati. Protein whey dan kolostrum yang terdapat pada susu ibu pun dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi yang terbilang rentan. Dan ketika bayi menginjak usia 6 bulan ke atas, maka bunda sudah bisa memberikan MPASI yang mengandung banyak gizi. Bunda dapat memberikan MPASI berbahan dasar Naturally Better Tilapia Regal Springs yang dapat memenuhi gizi si kecil.

Terus pantau tumbuh kembang si kecil

Bunda juga perlu terus memantau tumbuh kembang si kecil, terutama dari tinggi dan berat badan anak. Bawa si kecil secara berkala ke Posyandu maupun klinik khusus anak. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Bunda untuk mengetahui gejala awal gangguan dan penanganannya.

Nah itulah beberapa tips untuk mencegah stunting pada anak sejak dini. Jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan gizi keluarga Bunda dengan mengonsumsi produk Naturally Better Tilapia Regal Springs.