GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita • GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita

MENU

Daftar Prestasi Danau Toba Di Mata Internasional

Danau Toba terus menjadi daya tarik yang memesona wisatawan dari berbagai belahan dunia dan terus memperoleh pengakuan atas keindahannya yang luar biasa. Daftar prestasi berikut ini menegaskan keunikan dan keindahan Danau Toba serta potensinya sebagai tujuan wisata internasional. 

Kawasan Kaldera Danau Toba Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

Kaldera Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia, telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada 7 Juli 2020 di Paris, Prancis. Masyarakat sekitar Danau Toba dan Pemerintah Indonesia berhasil meyakinkan UNESCO tentang nilai geologis dan warisan budaya Kaldera Toba tersebut. 

Status ini memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan dan menciptakan lapangan kerja, sambil menjaga kelestarian lingkungan. Kaldera Toba menjadi salah satu dari lima situs UNESCO Global Geopark di Indonesia yang membanggakan dan tentu harus kita jaga bersama-sama.

Masyarakat Danau Toba Raih Penghargaan Goldman Environmental Prize

Aktivis lingkungan Delima Silalahi bersama-sama dengan dukungan dari masyarakat Danau Toba, Sumatera Utara, meraih Penghargaan Internasional Goldman Environmental Prize 2023. Sebuah penghargaan tingkat internasional dalam bidang pelestarian lingkungan.

Delima Silalahi menjadi satu-satunya aktivis lingkungan Indonesia yang menerima penghargaan ini, yang diberikan kepada pahlawan lingkungan dari enam negara. Delima berhasil memperoleh pengakuan hak pengelolaan sah atas hutan adat masyarakat setelah kampanye yang dilakukannya bersama komunitas masyarakat adat di Tano Batak. 

Penghargaan ini memberikan pengakuan atas pencapaian dan kepemimpinan Delima dan masyarakat Toba dalam menjaga lingkungan dan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk melindungi Bumi.

Film tentang Danau Toba Raih Penghargaan International Tourism Film Festival

Dalam International Tourism Film Festival ke-16 di Bulgaria tahun 2020, dua film pendek produksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia berhasil meraih penghargaan. Salah satunya adalah film pendek berjudul “Danau Toba – The Biggest Caldera Lake in the World” yang meraih penghargaan kategori Region Promotional Film. 

Penghargaan tersebut menjadi salah satu cara untuk mengkomunikasikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki destinasi wisata yang indah, seperti Danau Toba, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Penghargaan ini juga menguatkan bahwa Danau Toba merupakan wajah yang tepat untuk mewakili pesona alam Indonesia di mata dunia.

Danau Toba Dipercaya Sebagai Venue Kejuaraan Dunia F1 Powerboat

Danau Toba mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah dan penyedia venue F1 Powerboat. F1 Powerboat merupakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1), yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique. 

Diikuti oleh berbagai pembalap dari Inggris, Ukraina, Arab Saudi, Cina, Portugal, Brazil, Perancis, Korea Selatan, hingga Qatar; Danau Toba dianggap sebagai salah satu lintasan balap F1 Powerboat terunik karena lintasannya terbentuk dari geografis Danau Toba sebagai danau vulkanik alami. 

Kepercayaan yang diberikan kepada Danau Toba untuk event internasional ini semakin menguatkan prestasi Danau Toba di mata dunia.

Dengan prestasinya yang mengesankan, Danau Toba telah membuktikan dirinya sebagai salah satu destinasi yang luar biasa di tingkat internasional. Keindahan alamnya yang memukau, budaya yang kaya, dan warisan sejarahnya yang menarik terus menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia. Dengan segala daya tariknya, Danau Toba terus menjadi magnet bagi mereka yang mencari pengalaman tak terlupakan di salah satu destinasi paling menakjubkan di dunia.