GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita • GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita

MENU

Dari Mesir, Amerika sampai Indonesia, Ini Negara-Negara Tempat Ikan Tilapia Digemari

Ikan Tilapia telah menyebar luas di berbagai negara dan menjadi salah satu ikan yang paling favorit dalam budidaya perikanan maupun untuk dikonsumsi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi negara-negara di mana ikan Tilapia hidup dan bagaimana kehadirannya memiliki dampak penting, baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Negara-Negara Tempat Ikan Tilapia Digemari

Ikan Tilapia digemari secara masif di berbagai negara. Beberapa negara yang memanfaatkan dan membudidayakan ikan Tilapia antara lain: 

  • Mesir
  • Vietnam
  • China
  • Amerika
  • Indonesia
  • Filipina
  • Brasil
  • Honduras
  • Meksiko

Sebaran ikan Tilapia yang luas ini menunjukkan adaptabilitasnya yang kuat dalam berbagai kondisi lingkungan. Negara-negara tersebut secara langsung maupun tidak langsung mendatangkan ikan tilapia karena menilai manfaatnya yang luar biasa dari segi ekonomi hingga sosial masyarakat.

Bagaimana Ikan Tilapia Bisa Ada Di Berbagai Negara?

Ikan Tilapia tidak hanya hidup di habitat aslinya yaitu Afrika (terutama Mesir) tetapi juga diperkenalkan dan dikembangkan di negara-negara di luar area tersebut. Biasanya, ikan Tilapia dibawa oleh para pedagang ikan mancanegara untuk diperjualbelikan secara bebas. 

Selain itu, ada juga ikan tilapia yang sengaja diperkenalkan oleh pemerintah suatu negara untuk dikembangkan di negaranya. Hal ini dilakukan karena potensi ekonomi yang tinggi serta pertumbuhan yang cepat dari ikan Tilapia dalam budidaya perikanan.

Dan tahukah Anda? Penyebaran ikan tilapia dari Mesir ke berbagai negara telah dilakukan sejak dahulu, yaitu sejak perdagangan internasional menggunakan kapal dagang mulai populer. Di Indonesia sendiri, ikan tilapia sengaja didatangkan oleh pemerintah untuk dikembangkan dan dijadikan sumber pangan sekaligus sumber ekonomi tambahan bagi negara. 

Dampak Positif Ikan Tilapia untuk Ekonomi Negara

Budidaya ikan Tilapia memiliki dampak yang signifikan terhadap ekonomi suatu negara, baik di tingkat makro maupun mikro. Sebagai contoh, di Indonesia, budidaya ikan Tilapia telah memberikan kontribusi yang besar dalam sektor ekspor perikanan. Pada tahun 2020, nilai ekspor ikan Tilapia mencapai lebih dari 1 triliun rupiah. Angka yang besar, bukan? 

Selain itu, perusahaan budidaya ikan tilapia seperti Regal Springs Indonesia telah berhasil menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Danau Toba, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang semuanya memiliki keterkaitan dengan usaha membudidayakan ikan tilapia.

Itulah negara-negara di mana ikan Tilapia hidup, termasuk cara persebaran dan perkembangannya di negara-negara tersebut. Budidaya ikan Tilapia tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi yang penting di tingkat makro, tetapi juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat mikro. 

Dengan sebaran geografis yang luas dan potensi ekonomi yang tinggi, ikan Tilapia terus menjadi fokus dalam budidaya perikanan global. Regal Springs Indonesia berkomitmen untuk terus meluaskan dampak positif ini dengan budidaya ikan tilapia yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Dapatkan ikan tilapia terbaik dari Regal Springs Indonesia di sini.