GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita • GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita

MENU

Fakta Nutrisi Ikan Tilapia: Proteinnya Lebih Tinggi dari Salmon

Ikan merupakan sumber protein hewani yang sering direkomendasikan oleh ahli gizi untuk menjalani gaya hidup sehat. Dalam dunia kuliner, ikan tilapia sering kali mendapat sedikit perhatian dibandingkan dengan ikan populer lainnya seperti salmon. Namun, tahukah Anda bahwa ikan tilapia sebenarnya memiliki komposisi nutrisi yang luar biasa, bahkan melebihi salmon? Artikel ini akan mengungkap fakta nutrisi ikan tilapia dan mengajak Anda untuk mempertimbangkan tilapia sebagai menu makanan sehat sehari-hari.

Gizi dan Nutrisi Ikan Tilapia

Protein yang Tinggi: Ikan tilapia dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam setiap 100 gram daging ikan tilapia, terdapat sekitar 26.2 gram protein. Ini menjadikan ikan tilapia sebagai sumber protein hewani yang sangat baik bagi tubuh Anda, mengingat 100 gram ikan tilapia sudah mencukupi sekitar 30% angka kebutuhan gizi dalam sehari.

Kaya akan Vitamin D: Salah satu nutrisi penting dalam ikan tilapia adalah vitamin D. Bahkan, dalam 100 gram daging ikan tilapia, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi angka kebutuhan gizi dalam sehari. Vitamin D ini penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Omega-3 yang Tinggi: Ikan tilapia juga dikenal mengandung jumlah Omega-3 yang cukup signifikan. Omega-3 adalah asam lemak esensial yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, dan fungsi tubuh lainnya.

Rendah Lemak: Salah satu keuntungan besar lainnya dari ikan tilapia adalah kandungan lemak yang rendah. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan lemak jenuh. Tinggi nutrisi dan rendah lemak? Kombinasi yang sempurna!

Data-data tersebut sesuai dengan berbagai hasil penelitian, salah satunya penelitian dari Agricultural Research Service – U.S. Department of Agriculture (Dinas Penelitian Pertanian Departemen Pertanian Amerika Serikat).

Berikut ini adalah informasi nilai gizi dari setiap 100 gram takaran saji daging ikan tilapia:

Nutrisi Ikan Tilapia
Informasi Nutrisi Ikan Tilapia

Protein Ikan Tilapia versus Protein Ikan Salmon

Untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang betapa bergizinya ikan tilapia, mari kita bandingkan kandungan proteinnya dengan ikan salmon, yang sering dianggap sebagai salah satu ikan paling sehat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ikan tilapia mengandung 26.2 gram protein per 100 gram daging ikan. Di sisi lain, ikan salmon hanya mengandung sekitar 22.1 gram protein per 100 gram daging ikan. Ini berarti ikan tilapia memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada ikan salmon. Data ini didasarkan pada informasi dari U.S. Department of Agriculture (Departemen Pertanian Amerika Serikat).

Selain itu, ikan tilapia juga lebih rendah lemak dibandingkan dengan ikan salmon. Data-data ini membuat ikan tilapia menjadi pilihan yang lebih baik bagi Anda yang ingin mengendalikan asupan lemak dalam menu sehari-hari.

Fillet Ikan Tilapia
Filet Ikan Tilapia Regalsprings

Manfaat Nutrisi Ikan Tilapia untuk Kesehatan

Mengonsumsi ikan tilapia secara teratur dapat memiliki dampak positif pada kesehatan Anda. Setidaknya, ada 3 kandungan nutrisi penting ikan tilapia yang berdampak signifikan untuk tubuh kita yaitu: protein, vitamin D dan omega-3.

Protein

Protein tinggi memiliki fungsi utama dalam tubuh manusia, termasuk pembentukan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan tubuh seperti otot, kulit, dan rambut. Protein juga berperan dalam fungsi enzim yang mengkatalisis reaksi kimia dalam tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, berperan sebagai transportir nutrisi, serta membantu dalam proses pencernaan makanan.

Selain itu, protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi jika asupan karbohidrat dan lemak yang cukup tidak tersedia dalam diet. Beragam manfaat protein tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan tilapia yang berkualitas.

Vitamin D

Vitamin D tinggi berperan penting dalam tubuh manusia dalam menyerap dan mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D membantu menjaga kepadatan tulang yang sehat, mencegah osteoporosis, menguatkan fungsi otot dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin D juga memiliki dampak positif pada kesehatan jantung, regulasi tekanan darah, dan perlindungan terhadap beberapa jenis penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari dan makanan bergizi tinggi seperti ikan tilapia.

Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan trigliserida, mendukung kesehatan otak dan mata, mengurangi peradangan dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker, serta mendukung keseimbangan mood. Sumber utama omega-3 adalah biji-bijian dan ikan bergizi tinggi seperti tilapia.

Dalam rangka menjalani gaya hidup sehat dan mendapatkan manfaat nutrisi yang luar biasa, pertimbangkanlah untuk mulai memasukkan ikan tilapia dalam menu makanan Anda. Dengan kandungan protein yang tinggi, vitamin D, dan omega-3 yang berguna bagi kesehatan, ikan tilapia adalah pilihan yang sangat baik untuk mendukung kesejahteraan Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa kualitas ikan tilapia yang Anda konsumsi juga memainkan peran penting. Pastikan untuk memilih ikan tilapia yang berasal dari sumber yang terpercaya dan aman, seperti ikan tilapia dari Regal Springs Indonesia yang bisa Anda dapatkan di sini.

Jadi, selamat menikmati ikan tilapia yang tak kalah bergizi dari salmon! Mari mulai jadikan ikan ini sebagai bagian penting dalam pola makan sehat Anda beserta keluarga tercinta.