GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita • GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita

MENU

Eksplorasi Lezatnya Ikan Tilapia: Rasa, Tekstur Daging, Gizi dan Harganya

Tilapia, ikan air tawar yang populer di kalangan penggemar ikan, tidak hanya lezat tetapi juga menawarkan sejumlah keunggulan yang luar biasa dalam hal rasa, tekstur, gizi, dan harga. Berikut ini adalah lima poin penting yang membuat tilapia menjadi pilihan yang menarik untuk dikonsumsi Anda dan keluarga.

Rasa Ikan Tilapia yang Menggugah Selera

Ikan tilapia memiliki rasa yang ringan dan lembut dengan daging putih yang halus dan sedikit renyah. Rasanya cenderung netral, sehingga ikan ini cocok untuk diolah dengan berbagai cara dan dapat menyerap berbagai bumbu dengan baik. Karena rasanya yang netral juga, ikan tilapia cocok digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari digoreng, dipanggang, direbus, dipepes, hingga digunakan dalam sup yang gurih atau sup asam pedas. 

Rasanya yang lezat dan netral itu juga membuatnya cocok sebagai bahan utama dalam hidangan ikan yang lebih rumit seperti hidangan hotel dan restoran. Namun, perlu diingat bahwa rasa ikan tilapia juga dapat dipengaruhi oleh faktor seperti kondisi pemeliharaan dan cara pengolahan atau memasaknya, yang dapat memberikan sedikit variasi dalam rasa ikan. Maka dari itu, sangat penting memilih ikan tilapia berkualitas seperti hasil budidaya Regal Springs Indonesia yang tidak bau tanah dan lezat bernutrisi tinggi.

Tekstur Daging Ikan Tilapia yang Memanjakan Mulut

Tekstur daging ikan tilapia terasa lembut, halus, dan sedikit renyah. Daging tilapia memiliki serat yang rapat dan tidak terlalu banyak, memberikan sensasi lembut saat dikunyah. Meskipun dimasak, tekstur ikan tilapia tetap mempertahankan kelembutan dan kehalusan dagingnya. Hal ini membuat ikan tilapia mudah dikonsumsi dan cocok untuk berbagai jenis hidangan, baik itu digoreng, dipanggang, direbus, atau dipepes. 

Tekstur yang lembut dan halus ini juga membuat ikan tilapia cocok disajikan dalam bentuk fillet atau potongan daging yang lebih kecil, mempermudah pengolahan dan penyajian. Kombinasi dari tekstur ikan tilapia memberikan pengalaman makan yang menyenangkan dan memudahkan penggunaan ikan tilapia dalam berbagai hidangan.

Kandungan Gizi Ikan Tilapia yang Luar Biasa

“Untuk mencegah defisiensi vitamin D, sejak dini kita perlu konsumsi bahan makanan yang secara secara natural memiliki vitamin D, di antaranya beberapa jenis ikan seperti salmon, Tilapia, tuna”, begitu penjelasan dari dr. Mario Johan (dr. Joe), Health Influencer & Educator yang juga pakar penasehat Regal Springs Indonesia.

Berikut adalah informasi nilai gizi atau nutrition facts dari setiap 100 gram ikan tilapia yang Anda konsumsi:
Ukuran Porsi: 100g
Energi Total: 110 kalori
Energi dari Lemak: 5 kalori

% Nilai Harian
Lemak Total 0,5g – 1%
Lemak Jenuh 0g – 0%
Lemak Trans 0g

Protein 20g – 34%
Karbohidrat Total 6g – 2%
Gula 0g
Serat 5g – 16%
Natrium 25mg – 2%
Kalium 340mg – 7%
Vitamin D 230%
Kalsium 10%

*Persentase nilai harian berdasarkan kebutuhan energi 2150 kalori. Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Persediaan Ikan Tilapia Sangat Stabil di Pasar

Tilapia memiliki keunggulan dalam hal budidaya berkelanjutan (sustainable). Ikan ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat, dapat tumbuh dalam kondisi air yang bervariasi, dan dapat diberi pakan dengan berbagai jenis pakan. Budidaya tilapia dalam sistem akuakultur dapat dilakukan dengan lebih efisien dibandingkan dengan beberapa spesies ikan lainnya. Hal ini membantu menjaga keberlanjutan pasokan tilapia tanpa terlalu banyak memberikan tekanan pada sumber daya alam.

Ikan tilapia juga memiliki ketersediaan yang cukup baik di pasar. Pasar tilapia telah berkembang di berbagai negara dan tersedia dalam berbagai bentuk, seperti segar, beku, atau dalam bentuk olahan. Permintaan yang tinggi dan kemampuan budidaya yang efisien telah membantu menjaga ketersediaan ikan tilapia di pasar, sehingga konsumen dapat dengan mudah memperolehnya.

Salah satu penyedia ikan tilapia terbesar dan terbaik di dunia adalah Regal Springs Indonesia. Dengan sertifikasi mutu yang baik, memastikan perusahaan tersebut melakukan budidaya ikan tilapia secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Bukan hanya sekadar bisnis, tapi juga memajukan ekonomi sambil melestarikan lingkungan dan menjaga ketersediaan pangan berkualitas untuk Anda dan keluarga. Untuk mendapatkan ikan tilapia terbaik dari Regal Springs Indonesia, Anda dapat membelinya di sini.