GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita • GOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian beritaGOING BLUE. Lihat Press Release Kami di bagian berita

MENU

Fakta Ikan Tilapia: Ciri-Ciri, Budidaya, Daging Lezat, dan Nilai Gizi yang Tinggi!

Ikan tilapia yang sejenis dengan ikan nila, adalah ikan air tawar yang sangat populer di dunia. Ikan ini berasal dari Afrika lalu tersebar di berbagai belahan dunia dan menjadi salah satu ikan terfavorit untuk budidaya dan konsumsi. Ikan tilapia dikenal karena pertumbuhannya yang cepat, reproduksi yang tinggi, dan daya tahan yang baik terhadap berbagai kondisi lingkungan, sehingga tidak mudah sakit atau mati. Lalu apa yang membuat ikan ini digemari di seluruh dunia?

Ciri-Ciri Ikan Tilapia

Ikan tilapia memiliki tubuh yang pipih dan sangat mirip dengan ikan nila, dilapisi oleh sisik halus, dan memiliki warna bervariasi mulai dari abu-abu hingga merah kecoklatan. Ikan tilapia juga memiliki sirip yang mencolok, terutama pada bagian punggung dan ekor. 

Ikan tilapia juga dikenal karena tingkat reproduksi yang tinggi dan pertumbuhan yang cepat. Mereka dapat berkembang biak dalam waktu yang relatif singkat dan memiliki jumlah keturunan yang besar. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang membudidayakan ikan tilapia di dunia. 

Budidaya Ikan Tilapia

Bagi para pengusaha ikan, budidaya ikan tilapia adalah pilihan yang sangat menarik. Ikan ini mudah dibudidayakan karena tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan dan memiliki tingkat reproduksi yang tinggi. Dalam sistem budidaya modern, ikan tilapia dapat bertahan hidup dalam danau, kolam, keramba sungai, atau bahkan akuarium dengan pengaturan yang tepat.

Budidaya ikan tilapia juga dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan bagi pengusaha ikan, karena pasarnya luas dan ikannya disukai banyak orang. Hal ini menambah satu lagi faktor yang membuat ikan tilapia menjadi populer di dunia.

Daging Ikan Tilapia 

Daging ikan tilapia terkenal dengan rasa yang lezat, berwarna putih, dan memiliki tekstur yang lembut. Dagingnya juga terasa ringan dan tidak terlalu kuat di mulut, sehingga cocok untuk berbagai macam hidangan dan tambahan bumbu. 

Ikan tilapia mudah dipotong dan diproses, sehingga memudahkan ketika memasak. Dagingnya juga dikenal karena rendah lemak, sehingga menjadi pilihan yang sehat bagi mereka yang menginginkan sumber protein yang baik. Dengan rasa yang lezat, tekstur yang lembut, dan keunggulannya sebagai sumber protein rendah lemak, daging ikan tilapia menjadi favorit di dapur rumah dan restoran di seluruh dunia.

Kandungan Gizi Ikan Tilapia

“Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ikan tilapia adalah makanan yang cocok untuk diandalkan sebagai sumber protein. Sebab ikan mengandung asam lemak esensial dan protein yang tinggi. Terlebih pada bayi usia lebih dari 6 bulan atau pada masa MPASI (makanan pendamping ASI), ikan tilapia aman dikonsumsi dan memenuhi syarat lainnya. Yaitu bebas hormon pertumbuhan, bebas obat penggemuk, tidak menggunakan antibiotik dan pastinya mudah diolah,” begitu keterangan dari Dr.-Ing. Dase Hunaefi, S.T.P., M. Food.ST.Pakar bioteknologi makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga merupakan pakar penasehat Regal Springs Indonesia.

Berikut adalah informasi nilai gizi atau nutrition facts dari setiap 100 gram ikan tilapia yang Anda konsumsi:
Ukuran Porsi: 100g
Energi Total: 110 kalori
Energi dari Lemak: 5 kalori

% Nilai Harian
Lemak Total 0,5g – 1%
Lemak Jenuh 0g – 0%
Lemak Trans 0g

Protein 20g – 34%
Karbohidrat Total 6g – 2%
Gula 0g
Serat 5g – 16%
Natrium 25mg – 2%
Kalium 340mg – 7%
Vitamin D 230%
Kalsium 10%

*Persentase nilai harian berdasarkan kebutuhan energi 2150 kalori. Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Ikan Tilapia dari Regal Springs Indonesia

Salah satu pembudidaya ikan tilapia yang mendunia adalah Regal Springs Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu produsen ikan tilapia premium di dunia. Regal Springs Indonesia memiliki fasilitas budidaya dan pemrosesan ikan tilapia di Sumatera Utara, Indonesia dan hasilnya sudah diekspor ke berbagai negara. 

Uniknya, praktik budidaya yang dilakukan Regal Springs Indonesia berpegang teguh pada prinsip berkelanjutan (sustainability) dan bertanggung jawab (responsible) serta mematuhi standar lingkungan dan sosial. 

Ikan tilapia yang dihasilkan Regal Springs Indonesia berkualitas tinggi, tidak bau tanah, dan kandungan gizinya terjaga karena proses yang aman, canggih dan ramah lingkungan. Jika Anda gemar makan ikan, maka ikan tilapia berkualitas dan berdaging lezat ini harus Anda coba dengan membelinya di sini.